10 jenis kejahatan dalam dunia komputer dan internet

Di jaman modern ini seseorang banyak memakai alat-alat elektronik canggih yang dapat mempermudah sebuah aktifitas yang mana seseorang membutuhkannya,  dalam dunia komputer maupun di dunia internet, banyak sekali orang yang melakukan aktifitas kejahatannya demi sebuah keuntungan yang lebih besar.

Seringkali pelaku kejahatan ini bukan diistilahkan sebagai perampokan atau juga pelaku kejahatan yang ada di dunia nyata, pelaku tersebut banyak orang yang mengistilahkan dengan Hacker atau Hacking, sepintas nama tersebut sudah tenar sejak lama dan nama tersebut paling di takuti di dalam dunia komputer maupun internet, jika seseorang mendengar nama itu maka semua akan kaget dan takut kalau akun dan privasi mereka akan di lihat oleh pelaku Hacker.

Di dunia Komputer dan internet banyak yang namanya tingkatan kejahatan, apa saja jenis-jenis kejahatan tersebut dan inilah 10 jenis-jenis kejahatan dalam dunia komputer dan internet yang telah kami rangkum versi techno.


 1.        CARDING
Carding adalah jenis kejahatan memalsukan nama identitas seseorang, contoh berbelanja menggunakan nomor dan kartu identitas milik orang lain, yang diperoleh secara ilegal, biasanya dengan mencuri data melalui internet. Sebutan pelakunya adalah Carder. Sebutan lain untuk kejahatan jenis ini adalah cyberfroud alias penipuan di social media atau dunia maya.


2.        HACKING
Hacking adalah kegiatan menerobos program komputer milik orang lain. Hacker adalah orang yang gemar menerobos komputer, memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu, dan terobsesi mengamati keamanan security. Hacker memberi tahu kepada programer yang komputernya diterobos, akan adanya kelemahan-kelemahan pada program yang dibuat, sehingga bisa “bocor”, agar segera diperbaiki. Sedangkan, hacker pencoleng, menerobos program orang lain untuk merusak dan mencuri datanya.

Hacking ini biasa nya mengincar para pemain judi semacam idn poker . Untuk itu buat anda yang hobi main gambling saran saya berhati hati lah saat memilih situs tempat main gambling .


3.        CRACKING
Cracking adalah hacking untuk tujuan jahat. Sebutan untuk cracker adalah hacker bertopi hitam (black hat hacker). Berbeda dengan carder yang hanya mengintip kartu kredit, cracker mengintip simpanan para nasabah di berbagai bank atau pusat data sensitif lainnya untuk keuntungan diri sendiri. Meski sama-sama menerobos keamanan komputer orang lain, hacker lebih fokus pada prosesnya. Sedangkan cracker lebih fokus untuk menikmati hasilnya.


4.        PHISING
Phising adalah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking.

Isian data pemakai dan password yang vital yang telah dikirim akhirnya akan menjadi milik penjahat tersebut dan digunakan untuk belanja dengan kartu kredit atau uang rekening milik korbannya.


5.        SPAMMING
Spamming adalah pengiriman berita atau iklan lewat surat elektronik (e-mail) yang tak dikehendaki. Spam sering disebut juga sebagai bulk email atau junk e-mail alias “sampah”. Meski demikian, banyak yang terkena dan menjadi korbannya.

Yang paling banyak adalah pengiriman e-mail dapat hadiah, lotere, atau orang yang mengaku punya rekening di bank di Afrika atau Timur Tengah, minta bantuan netters untuk mencairkan, dengan janji bagi hasil. Kemudian korban diminta nomor rekeningnya, dan mengirim uang/dana sebagai pemancing, tentunya dalam mata uang dolar AS, dan belakangan tak ada kabarnya lagi. Seorang rektor universitas swasta di Indonesia pernah diberitakan tertipu hingga Rp1 miliar dalam karena spaming seperti ini.


6.        MALWARE
Malware adalah program komputer yang mencari kelemahan dari suatu software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating system.

Malware terdiri dari berbagai macam, yaitu: virus, worm, trojan horse, adware, browser hijacker, dll. Di pasaran alat-alat komputer dan toko perangkat lunak (software) memang telah tersedia antispam dan anti antivirus, dan anti malware.


7.    SCANNERScanner yaitu sebuah program atau alat yang mampu mendeteksi kelemahan sebuah komputer di jaringan lokal atau dijaringan lokasi lain.
8.    DATA FORGERY / Pemalsuan DataMerupakan kejahatan dengan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang tersimpan sebagai scriptless document melalui internet. Kejahatan ini biasanya ditujukan pada dokumen-dokumen e-commerce dengan membuat seolah-olah terjadi salah ketik yang pada akhirnya akan menguntungkan pelaku.


9.    SNIFFERSniffer adalah kata lain dari Network Analyzer berfungsi sebagai alat untuk memonitor jaringan komputer. alat ini dapat dioperasikan hampir pada seluruh tipe protokol pada Ethernet, TCP/IP, IPX dll.


10.    SPOOFING

Spoofing adalah jenis sebuah bentuk pemalsuan dimana identitas pemakai disamarkan atau dipalsukan secara jelas.