Benarkah PKN STAN buka kuota 1000 per tahun nya ?

PKN STAN adalah salah satu sekolah kedinasan paling favorit . Setiap tahun kampus membuka pendaftaran untuk lulusan setara SMA / MA / SMK. Tetapi pada tahun 2020 Stan ini memutuskan untuk tidak membuka pendaftaran karena beberapa hal sedang dipersiapkan.

Persiapan yang di maksud antara lain yakni :

  • Mempersiapkan Pola Seleksi

Pola seleksi calon mahasiswa akan mengedepankan aspek kecerdasan, kesehatan, integritas dan kebangsaan. Serta akan mempertimbangkan keterwakilan putra terbaik daerah terutama daerah afirmasi dan 3T.

  • Pola Pendidikan dan Kurikulum baru

Sedang mempersiapkan prodi baru yaitu Teknologi Informasi Keuangan Negara yang sangat dibutuhkan di era digitial. Lalu dilakukan penyesuaian jurusan dan mengintegrasikan Prodi D-I dan D-III serumpun menjadi D-IV. Adapun penyiapan S2 Keuangan Negara.

  • Penyiapan Infrastruktur

Sedang di siapkan proses pembangunan Gedung Baru yang ramah lingkungan (Sustainable). Penyiapan ruangan kelas dan perkantoran dalam era New Normal. Serta peningkatan infrastruktur yang mendukung pembelajaran berbasis IT.

  • Penempatan Lulusan

Para lulusan dapat ditempatkan untuk mengisi formasi kebutuhan pengelola keuangan negara. Kebutuhan tersebut akan ditempatkan di lingkungan Kemenkeu, K/L dan Pemda.

Nah karena beberapa hal tersebut maka STAN tidak membuka pendaftaran untuk tahun 2020. Namun jangan khawatir sobat stanbrain. Karena PKN STAN akan segera kembali.

PKN STAN membuka 1000 kuota per Tahun

Pada bulan oktober 2020 lalu, dalam Rencana strategis Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan 2020-2024 yang dijelaskan pada hal.41 disebutkan “SPMB PKN STAN dilakukan dengan jumlah kuota yang lebih selektif disesuaikan dengan kebijakan kemenkeu minus-growth dan kebijakan nasional. Proyeksi jumlah penerimaan mahasiswa baru maksimal sebanyak 1.000 mahasiswa /tahun.“

Dalam rangka meningkatkan Kualitas Alumni PKN STAN maka Program yang akan di laksanakan akan difokuskan pada Program Studi Diploma IV atau jenjang yang lebih tinggi. Seleksi penerimaan mahasiswa baru akan dilakukan dengan mengacu kebijakan kemenkeu minus-growth dan kebijakan nasional.

Rencana Strategis BPPK tersebut tertuang dalam peraturan Menteri Keuangan Nomor 77/PMK.01/2020.

*Informasi Bimbel masuk sekolah kedinasan IPDN STAN terbaik kunjungi situs bimbelakademiui.com

Perlu kita garis bawahi sobat stanbrain, pada pengumuman Rencana Strategis BPPK 2020 – 2024 di atas untuk penerimaan mahasiswa baru akan di batasi maksimal sebanyak 1.000 kuota yang tersedia per tahun.

Artinya kemungkinan dari 2021 hingga 2024 penerimaan mahasiswa hanya menerima sebanyak 1.000 mahasiswa aja sobat stanbrain. Tentu saja penerimaan mahasiswa baru lebih sedikit di banding tahun 2019 yang menerima sebanyak 3.000 mahasiswa.

Namun tidak perlu khawatir sobat stanbrain, asalkan kamu dapat mempersiapkan diri dengan baik dan sudah berkomitmen untuk melanjutkan pendidikan di kampus PKN STAN pasti impianmu dapat terwujud kok. Walaupun kuotanya yang tersedia cukup sedikit pasti kamu bisa mendapatkan 1 kursi masuk kampus PKN STAN.