Cara Memperbaiki Kompor Gas yang Apinya Kecil

cara memperbaiki kompor gas yang apinya kecil

Kompor gas merupakan mesin pengolah makanan yang menggunakan gas LPG dalam setiap pengoperasiannya. Penggunaan kompor gas ini dinilai lebih praktis karena dapat dibawa dan dipindahkan dengan mudah. Selain itu, kompor gas juga banyak menjadi pilihan dibanding kompor tradisional karena memiliki api yang rapi dan mudah untuk diatur tingkatannya.

Dalam jangka waktu lama, kompor gas juga dapat mengalami beberapa masalah yang disebabkan endapan kotoran. Salah satunya adalah api yang sangat kecil. Pada dasarnya perubahan nyala api pada kompor gas menjadi kecil karena disebabkan kondisi kompor yang kotor.

Berikut ini cara memperbaiki kompor gas yang apinya kecil

  • Pertama, lepaskan tungku dan burner dari kompor. Jika kompor gas Anda dilengkapi dengan penutup besi, silahkan lepaskan juga penutup ini supaya Anda lebih mudah dalam membersihkan kompor gas tersebut.
  • Sikat hingga bersih seluruh permukaan kompor gas, dan bersihkan juga bagian sela-sela sempit. Jika diperlukan, gunakan kain lap basah untuk membersihkannya.
  • Bersihkan bagian cerukan tungku menggunakan kain lap. Jika lapisan bergeriginya bisa dilepaskan, Anda bisa membersihkannya juga dengan menyikatnya sampai bersih dan tidak ada lagi kotoran yang menyumbat aliran gas.
  • Jika terdapat noda yang sulit dibersihkan pada bagian permukaan kompor gas, Anda bisa menggunakan cuka. Tuangkan cairan cuka secukupnya di bagian corong api dan tungku penyangga. Kemudian sikat hingga bersih.
  • Jika seluruhnya sudah bersih dan tidak ada kotoran yang tertinggal, Anda bisa mengeringkan permukaan kompor gas dengan menggunakan lap bersih dan lap hingga kering seluruh permukaan kompor gas.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kompor gas yang apinya kecil, Anda dapat melakukan pembersihan ini secara rutin selama satu bulan sekali atau ketika kotoran sudah terlihat menumpuk. Selain dapat meningkatkan kinerja dari kompor gas Anda, pembersihan ini juga mampu menjaga komponen yang terdapat pada kompor gas tetap baik dan tidak rusak.