Cara Mengatasi Ice Maker Yang Lambat Dalam Membuat Es Batu

Ice maker atau mesin pembuat es adalah salah satu jenis mesin yang banyak digunakan di berbagai industri makanan. Mesin ini memiliki banyak sekali jenis dengan kapasitas yang beraneka ragam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Jenis mesin pembuat es atau ice maker tersebut juga mudah didapatkan di berbagai toko mesin pengolah makanan.

Diantara berbagai jenis mesin pembuat es, yang cukup banyak digunakan salah satunya adalah mesin pembuat es batu. Beberapa tempat seperti restoran atau coffee shop hingga tempat yang menjual jenis minuman biasanya menggunakan mesin pembuat es batu tersebut. Dengan mesin pembuat es batu, pembuatan es bisa jadi lebih cepat sesuai dengan kebutuhan tempat tersebut.

Sebagaimana mesin pada umumnya, mesin pembuat es batu juga mungkin bisa mengganggu proses pembuatan es batu. Salah satu kendala yang mungkin muncul pada mesin pembuat es batu adalah kadangkala jumlah es batu terlalu sedikit. Biasanya hal tersebut terjadi karena proses pembuatan es batu di dalam mesin terlalu lama sehingga jumlah es jadi sedikit.

Kendala tersebut bisa jadi masalah jika seseorang membutuhkan es batu secara terus menerus dalam beberapa waktu. Terutama sekali pada restoran atau tempat yang menjual minuman dengan kondisi sedang ramai pesanan minuman yang membutuhkan es batu. Oleh karenanya, berikut adalah beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mesin pembuat es batu yang lama dingin:

Turunkan temperatur

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencoba menurunkan temperatur dari freezer di mesin pembuat es batu tersebut. Idealnya suhu yang digunakan pada freezer adalah antara -17 derajat Celcius hingga -15 derajat Celcius untuk pembuatan es batu. Cek pada pengaturan apakah setting suhu sudah sesuai dengan standar tersebut atau lebih tinggi dari -15 derajat Celcius.

Jangan membuka pintu freezer

Kedua yang perlu diperhatikan adalah berhentilah membuka pintu freezer pada mesin pembuat es batu terlalu sering. Biasanya orang sering penasaran dengan es di dalam freezer sehingga mereka mengeceknya dengan berulang kali membuka pintu freezer. Hentikan melakukan hal tersebut karena akan membuat suhu di dalam menjadi naik dan tentu memperlambat proses.

Pastikan saluran air tidak dibatasi

Setelah dua cara diatas dilakukan, selanjutnya cobalah untuk memastikan agar saluran air tidak mampet dan memiliki tekanan yang cukup. Masalah utama dari lambatnya proses pembuatan es batu diantaranya adalah tersumbatnya saluran air sehingga menghasilkan es batu yang kecil. Pastikan saluran air yang mengarah ke mesin pembuat es batu tidak tertekan atau tertekuk dengan cara apapun. Kemudian, putar juga katup pada saluran air yang mengarah ke mesin pembuat es ke posisi terbuka agar tekanan penuh.

Ganti filter air

Terakhir, perhatikanlah filter air yang ada pada mesin pembuat es batu yang menyaring air menuju ke dalam mesin. Jika filter air di mesin pembuat es batu belum diganti sebaiknya segera lepas dan gantilah dengan filter air yang baru. Filter air yang tersumbat bisa menghalangi aliran air yang menuju ke mesin pembuat es batu. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab utama yang membuat proses pembuatan es batu menjadi lambat. Setelah diganti yang baru, gunakan untuk menyalurkan air saja beberapa kali sebelum digunakan untuk membuat es batu.

Keempat cara tersebut merupakan cara mudah untuk mengatasi ice maker yang lama dalam membuat es batu. Jika keempat cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah pembuatan es batu, ada baiknya ice maker dibawa ke tempat servis.