Forklift Hyster Dapat Digunakan Untuk Segala Pekerjaan

Untuk mendukung kelancaran operasi pabrik ini, perusahaan tersebut menggunakan mesinmesin forklift elektrik HYSTER yang disuplai CPK, khususnya di bagian pergudangan, sebagaimana diutarakan Irwanto dari bagian warehouse. Material viscose rayon yang kami produksi dan masuk ke warehouse memerlukan perlakuan khusus. Ruangannya harus selalu bersih. Lantainya harus bebas dari tumpahan oli maupun bahan bakar. Sebab itu, forklift yang kami operasikan harus spesifik pula, yakni jenis forklift elektrik. Dan kami Indoreadymix bogor memilih merk HYSTER karena spesifikasinya sangat sesuai, Irwanto menjelaskan alasan mengapa menggunakan forklift elektrik HYSTER.

Ia mengakui pihaknya mendapat banyak penawaran forklift bertenaga listrik dari berbagai merek terkemuka yang ada di tanah air. Tetapi, akhirnya, HYSTER yang dipilih karena produknya dinilai berkualitas. Alasan lain yang tidak kalah pentingnya, lanjut Irwanto, forklift HYSTER sudah cukup popular di lingkungan provinsi Riau karena populasinya sudah lebih dari 100 unit dan beberapa unit ada yang beroperasi lebih dari 20 tahun di beberapa wilayah provinsi Riau, dan selama ini pelanggan-pelanggan dari PT. CPK sangat puas dengan layanan yang diberikan oleh PT. DSL Indonesia selaku distributornya.

Track record produk-produk HYSTER yang kami pakai selama ini di pelanggan-pelanggan PT. CPK sudah cukup bagus dan servisnya sangat memuaskan, ujarnya. Irwanto menambahkan, standar operasi unit-unit forklift yang digunakan di pabrik ini sangat spesifik. Untuk operasi indoor di pabrik dan warehouse, dibutuhkan forklift elek trik yang menggunakan ban khusus dan beberapa unit harus menggunakan attachment berupa clamp (kepitan) dan garpu (fork) sebagaimana forklift pada umumnya. Alat ini juga bagus digunakan untuk mengangkat matrial harga beton cor readymix k400 siap pakai kedalam gudang penyimpanan.

Yayat Safaat, Kepala Cabang DSL Indonesia Pekanbaru, membenarkan hal itu. Unit-unit itu disuplai dalam kondisi sudah komplit dengan clampnya. Customer tinggal operasikan saja karena unit-unitnya sudah dalam kondisi siap pakai dan siap kerja, ungkapnya. Spesifikasi lainnya yang sulit tertandingi oleh para kompetitor adalah alat-alat itu harus bisa keluar – masuk kontainer sehingga memudahkan proses pemuatan.

Menurut Irwanto, alat-alat itu memang harus bisa masuk ke dalam kontainer supaya proses pemuatan menjadi lebih cepat. Untuk tahap awal, dia menargetkan satu unit forklift mengisi satu kontainer selama satu jam. Makin lama, alokasi waktunya akan dikurangi, harus di bawah satu jam, ujarnya. Alat-alat ini juga dituntut bekerja keras, rata-rata antara 16 hingga 24 jam per hari, tergantung penggunaan. Menanggapi hal itu, Yayat memastikan, engine forklift-forklift ini tidak akan pernah mengalami panas.

Jadi, operator tidak perlu khawatir bila harus bekerja lebih lama. Ini yang membedakan unit elektrik dari diesel, ujarnya mene gaskan salah satu keunggulan forklift elektrik. Dari sisi supplier, Irwanto berharap CPK dengan dukungan DSL Indonesia harus menjamin kelancaran operasi alat-alat ini. Kerja sama kami selama ini sudah bagus.

Apa yang kami butuhkan, DSL Indonesia langsung merespon. Jadi, kebutuhan kami selalu terpenuhi mulai dari spesifikasi alat yang diperlukan hingga ketersediaan suku cadang dan servis. Kami berharap kualitas servis yang sama diberikan dengan unitunit elektrik ini, ucapnya berharap. Irwanto menambahkan, dengan dukungan suku cadang dan servis yang baik, maka level ketersediaan unit akan tinggi. Pengalaman di customer PT. CPK selama ini, tingkat ketersediaan forklift HYSTER lebih dari 90 persen. Kami berharap, di Perusahaan ini bisa lebih dari itu karena alat-alat ini akan bekerja ekstra keras.

Jangan sampai sering mengalami breakdown karena hal itu mengurangi ketersediaan unit. Total populasi produkproduk HYSTER yang dioperasikan di Propinsi Riau saat ini lebih dari 100 unit yang beroperasi outdoor maupun indoor. Di samping dukung an layanan purna jual dan ketersediaan suku cadang, DSL Indonesia juga memberikan pelatihan kepada para operator dan tim mekanik untuk semua customer yang ada di Propinsi Riau .