Cara Cuci Kasur Bayi

Jurus Jitu Cara Cuci Kasur Bayi dengan Mudah dan Tepat

Semua peralatan yang digunakan oleh bayi sebaiknya dijaga dan dirawat. Hal tersebut merupakan salah satu indikator penting yang dapat mempengaruhi kesehatan bayi anda. Oleh karena itu, kasur bayi menjadi komoditas yang perlu dirawat dengan perlakuan khusus. Lalu bagaimana cara cuci kasur bayi yang tepat? Mari kita simak penjelasan dibawah ini!

baca juga: cuci springbed tangerang

Tips Mudah dan Tepat Cara Cuci Kasur Bayi

Mencuci kasur bayi tidak boleh sembarangan. Pasalnya, anda harus memperhatikan petunjuk penggunaan supaya kasur bayi tidak memiliki resiko cepat rusak.

Banyak orang tua yang ragu untuk mencuci kasur bayi karena khawatir higienitasnya kurang terjaga. Padahal dengan mengikuti tips mudah cara mencuci kasur bayi dengan tepat, sebenarnya anda tidak perlu khawatir lagi. Karena kebersihan dan kelembutan kasur justru akan lebih terjaga.

Berikut ini terdapat beberapa tips jitu terkait cara mencuci tempat tidur bayi dengan mudah dan tepat.

Mencuci Kasur Bayi yang Terkena Ompol

Usia balita tentunya masih kerap dengan kebiasaan mengompol di kasur. Tak lain lagi, hal itu membuat kasur menjadi kotor dan beraroma tak sedap.

Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat mengikuti cara cuci kasur bayi dengan mempersiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Diantaranya ada sikat, deterjen, baking soda, dan hidrogren peroksida.

Langkah pertama, anda harus membersihkan permukaan kasur terlebih dahulu. Kemudian gosokkan baking soda di bagian noda bekas ompol lalu sikatlah dengan perlahan. Setelah itu, biarkan selama 15 menit.

Selanjutnya, anda dapat mencampurkan 1 cangkir hidrogen peroksida dengan 10 ml sabun cair di dalam botol semprot. Kocok botol hingga tercampur dan semprotkan ke area noda bekas ompol. Tunggu selama 20 menit kemudian bilas area tersebut dengan air bersih dan keringkan.

baca juga: jasa cuci kasur tangerang

Cara Mencuci Kasur Bayi dari Noda yang Membandel

Pertama, anda harus memperhatikan cara cuci kasur bayi dengan menyiapkan alat dan juga bahan yang diperlukan. Mulai dari sabun, sikat, lap microfiber dan lap bersih kering, semprotan desinfektan, dan vacuum cleaner.

Langkah selanjutnya, ada harus membersihkan kotoran dan debu menggunakan vacuum cleaner. Jika anda belum memiliki vacuum cleaner, maka bisa diganti dengan memanfaatkan lap microfiber atau lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan kotoran.

Larutkan air dan sabun dengan prosentase air tidak terlalu banyak atau secukupnya saja. Karena jika terlalu banyak air dapat memperlambat proses pengeringan.

Mulailah mencuci kasur dengan menyikat area noda secara berulang tapi perlahan saja. Cara mencuci kasur bayi lainnya juga bisa dilakukan menggunakan lap microfiber untuk meminimalisir penyebaran noda di kasur.

Setelah proses mencuci selesai, anda dapat membersihkan busa dan kotoran yang tersisa menggunakan lap microfiber. Kemudian semprotkan cairan desinfektan setelah anda membilas kasur, supaya kotoran dan kuman dapat sirna secara tuntas.

Langkah terakhir, keringkan kasur dibawah terik sinar matahari langsung. Jika cuaca tidak mendukung, anda juga bisa menggunakan hair dryer atau kipas angin. Ini dapat dilakukan ketika anda tidak mencuci kasur secara keseluruhan.

Dengan mengikuti tips mudah dan tepat cara cuci kasur bayi, anda tidak perlu repot-repot pergi ke laundry lagi. Sehingga akan lebih menghemat biaya dan juga waktu ketika anda bisa mencucinya sendiri.