Konsep Rumah Tropis dan Ide Design Rumah Tropis Minimalis

Rumah Tropis ialah rumah dimana bentuk atau komponen – komponen pembentuknya direncanakan demikian rupa hingga pas serta nyaman untuk wilayah yang beriklim tropis.

Ide design rumah tropis menurut kontraktor jogja jasa bangun rumah, rumah tropis akan memaksimalkan kekuatan iklim tropis serta kurangi efek/ impak jelek iklim tropis. Dalam kata lain ide design rumah tropis ialah ide design yang dapat menyesuaikan dengan iklim tropis.

Sebelum mengulas selanjutnya tentang ide design rumah tropis kita perlu kenal terlebih dulu apa serta bagaimana wilayah dengan iklim tropis itu. Wilayah beriklim tropis ialah wilayah yang ada antara garis 23 derajat Lintang Utara serta Lintang Selatan serta ada di seputar garis khatulistiwa.

Situasi iklim di wilayah tropis benar-benar dikuasai oleh pencahayaan matahari yang berlangsung terus-terusan tiap hari selama setahun.

Unsur matahari berikut sebagai kekuatan sekaligus juga masalah iklim tropis. Sinar matahari adalah salah satunya kekuatan iklim tropis yang melimpah tiap hari selama setahun. Rata – rata wilayah tropis terima sinar matahari hampir semasa 12 jam satu hari.

Tetapi wilayah dengan iklim tropis memiliki persoalan yakni situasi udara yang panas karena temperatur udara serta kelembapan udara yang tinggi. Situasi udara yang panas itu dirasa melewati batas tingkat kenyamanan.

Prinsip Design Rumah Tropis

Seperti sudah diterangkan awalnya jika persoalan penting di wilayah iklim tropis ialah persoalan temperatur udara yang cukup panas. Karena itu dalam ide design rumah tropis, memerlukan pengaturan temperatur udara di rumah. Pengaturan temperatur udara bisa dilaksanakan dengan :

Memperbesar Volume ruang Atap

Jadi besar luas bukaan ventilasi supaya volume angin yang masuk ke ruang bertambah lebih banyak

Pengaturan ruangan yang berbentuk terbuka hingga angin bertambah gampang bergerak dalam ruang

Masukkan faktor air berbentuk kolam akan kurangi temperatur udara

Perbanyak faktor tanaman / taman

Design Rumah Tropis Minimalis

Design rumah adalah salah satunya bagian design yang tetap beralih ikuti perubahan zaman. Perkembangan tren design rumah itu banyak dikuasai oleh beberapa unsur.

Salah satunya unsur yang memengaruhi perkembangan tren design rumah ialah perkembangan skema serta pola hidup manusia untuk yang tinggal di rumah.

Demikian pula tren design rumah tahun 2019, akan dikuasai oleh perkembangan pola hidup itu. Design rumah bertopik minimalis nampaknya akan makin disukai oleh warga.

Pola hidup kekinian yang tuntut segala hal jadi serba ringkas benar-benar pas dengan ide design rumah minimalis.

Disamping itu, kesadaran manusia selalu untuk kembali lagi pada alam nampaknya makin bertambah. Ini tercermin pada style design rumah yang dipilihnya. Green desain akan makin jadi tren dalam design rumah. Design rumah akan makin responsive dengan situasi iklim tropis Indonesia.

Topik design rumah tropis minimalis bisa menjadi salah satunya tren design rumah tahun 2019.

Kombinasi di antara ide rumah tropis dengan ide rumah minimalis bisa menjadi kombinasi yang menarik. Implikasi ide design rumah tropis minimalis bisa diuraikan diantaranya seperti berikut :

Bentuk Sederhana

Bentuk massa yang simpel ialah akar dari ide design rumah minimalis. Bentuk massa itu seminimal kemungkinan memakai komponen dekoratif. Pemakaian tritisan beton adalah contoh simpel implikasi ide rumah tropis minimalis.

Pemanfaatan Potensi Alam

Kekuatan alam di wilayah tropis seperti Indonesia cukup melimpah. Sinar matahari adalah salah satunya kekuatan alam tropis yang banyak dibeber pada ide design rumah tropis.

Disamping itu pemakaian bukaan jendela lebar yang simpel ialah contoh implikasi ide design rumah tropis minimalis. Contoh lain ialah pengaturan ruangan yang simpel serta terbuka hingga sangat mungkin angin bergerak dengan bebas di rumah.

Penggunaan Warna yang Natural dan Cerah

Salah satunya peranan pewarnaan pada bangunan rumah untuk menegaskan ide design rumah. Pada ide design rumah tropis minimalis, warna alamiah – cerah banyak dipakai. Warna – warna krem – cokelat dengan beberapa gradasinya akan memperkuat ide design rumah tropis minimalis.