mengenal freon sebelum service ac

Mengenal Jenis Jenis Freon Sebelum Service Ac

Freon merupakan salah satu jenis refrigerant yang merupakan senyawa kimia atau gas yang berperan sebagai pendingin. Adapun refrigerant itu sendiri merupakan cairan yang digunakan pada AC dan lemari es. Cara kerjanya adalah dengan mengambil panas dari isi lemari es / ruangan atau lokasi lain dimana suhu udara dikondisikan dan membuang panas tersebut ke atmosfir bumi. Pendingin akan mengalami perubahan fasa dari cair menjadi gas, dan kemudian lagi menjadi cair. Karena merupakan senyawa kimia atau gas, Freon tidak berwarna dan tidak berbau.

mengenal freon sebelum service ac

Freon R-22

Beberapa cairan dapat digunakan sebagai pendingin. Pada abad ke-20, CFC menjadi refrigeran yang paling umum. Namun, sekitar tahun 1990-an muncul zat pendingin baru yang menggantikan CFC, yaitu hydrochlorofluorocarbons (HCFCs). Namun, HCFC mendapat kecaman karena mengandung klorin yang berbahaya bagi lingkungan.

Freon R-22 adalah salah satu HCFC yang paling umum karena tidak mudah terbakar. Namun, Freon R-22 sendiri telah diklasifikasikan oleh pemerintah Indonesia sebagai freon terlarang. Freon jenis ini tidak dapat digunakan bahkan produk AC yang masih menggunakan R-22 dilarang untuk diimpor ke Indonesia.

Freon R-22 akan resmi dihapuskan di Indonesia pada tahun 2030. Pasalnya, freon jenis ini memiliki kapasitas perusakan ozon 0,05. Pada tahun 2018 freon R-22 yaitu R-417a digantikan oleh freon yang lebih ramah lingkungan. Untuk AC yang sudah menggunakan R-22, jika perlu mengganti Freon bisa menggunakan tipe R-417a.

Rekomendasi Jasa Service Ac Jebres Solo . Layanan Service Ac Jebres sangat cocok buat anda yang berada di jebres solo dan sekitarnya. Jasa Service Jeberes Solo tersebut terpercaya dan memberi garansi.

Freon R-410A

Untuk menghilangkan klorin dari refrigeran, produsen membuat refrigeran jenis baru, HFC. HFC berpotensi merusak lapisan ozon dengan nilai O. Namun, HFC juga memiliki potensi pemanasan global tertinggi dibandingkan spesies freon lainnya. HFC juga dianggap sebagai refrigeran yang tidak mudah terbakar. Salah satu HFC yang cukup terkenal adalah Freon R-410A Freon AC jenis ini biasanya digunakan pada jenis AC inverter.

Freon R290

Freon jenis ini masih merupakan jenis HFCS, namun memiliki potensi pemanasan global paling rendah jika dibandingkan dengan jenis Freon lainnya. Selain lebih ramah lingkungan, Freon yang diperkenalkan oleh Daikin Jepang pada tahun 2012 juga benar-benar aman untuk AC rumah.

Ketahui risiko gas Freon

Freon yang tidak diolah berpotensi menyebabkan kerusakan. Walaupun sebenarnya tidak membahayakan lingkungan asalkan tidak terlepas ke udara disebut juga dengan memasang AC yang tidak bocor, apabila komposisinya bocor dan freon terlepas ke udara akan menjadi racun jika terhirup oleh manusia.

Beberapa contoh efek negatif bahaya freon antara lain toksisitas CFC yang mengakibatkan tenggorokan bengkak, sakit tenggorokan, sesak napas, penglihatan kabur, sakit perut, gangguan irama jantung, dan gangguan peredaran darah.

Bagi anda yang berada di Serengan Solo, maka berikut ini adalah jasa service ac serengan solo surakarta jawa tengah. Dapatkan layanan service ac serengan solo dengan cepat dan terpercaya. Buanglah keraguan anda untuk memanggil jasa service ac serengan solo.

Pelajari tentang opsi pengkondisian freon yang benar

Freon conditioner yang berfungsi membantu mengatur suhu ruangan memiliki tipe yang berbeda-beda. Perbedaan jenis Freon pada AC ini sangat mempengaruhi kenyamanan saat digunakan. Pemilihan refrigeran yang ideal dibuat berdasarkan sifat termodinamika yang disukai, sifat tidak korosif, dan keamanan (tidak beracun dan tidak mudah terbakar).

Apakah Anda ingin memastikan jenis Freon yang Anda gunakan sesuai dan aman? Ayo konsultasikan dengan teknisi AC berpengalaman dan terpercaya dari Alifia Service Ac Solo. Hubungi Alifia Service Ac Solo untuk konsultasi gratis: 0857-2526-8001atau ajukan lamaran kerja melalui halaman kontak kami. Kita bisa mengecek service AC standar dan pengisian freon / add untuk memperbaiki AC yang rusak parah.