keraton kasepuhan cirebon nalatra.com

Polemik Keraton Kasepuhan Cirebon

Lari sejenak untuk berlibur menggunakan layanan travel jakarta cirebon adalah sebuah keputusan tepat. Aktifitias ini bisa membawa anda mengeksplorasi tempat indah ataupun destinasi wisata sejarah yang fenomenal.

keraton kasepuhan cirebon nalatra.com

Satu diantara banyak tempat yang harus menjadi tujuan utama dalah Keraton Kasepuhan Cirebon. Tempat ini bisa mengalihkan perhatian dari kesibukan sehari hari kepada sejarah betapa bangsa kita adalah bangsa yang sangat kaya dengan budaya adat dan istiadat.

Bila musim liburan tiba, pengunjung tempat ini tak hanya datang dari wilayah sekitar cirebon. Selain dari luar kota seringkali kita menemui wisatawan asing yang tertarik dengan sejarah dan benda peninggalan kerajaan.

Arsitektur keraton kasepuhan cirebon mampu menghipnotis setiap pengunjung betapa cita rasa seni bangunan dimasa itu sudah sedemikian maju. Areal seluas 6 hektare dalam kompleks menjadi sebuah tempat ekplorasi anda bermula.

Keraton Kasepuhan berlokasi Jalan Kasepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Penamaan ‘Kasepuhan’ berarti tempat dimana orang terhormat tinggal dan berdiam diri. Secara histori Keraton Kasepuhan merupakan rumah bagi keluarga dari kesultanan Cirebon.

Sekalipun zaman telah berubah, pihak pengelola tetap mempertahankan orisinalitas dari bangunan ini sesuai aslinya. Sekalipun telah melakukan renovasi, bantuk dan isi dari keraton ini tetap sama persis seperti sejak berdiri.

Dalam sejarahnya, keraton kasepuhan adalah pusat pemerintahan atau kesultanan islam di Cirebon. Meskipun demikian, anda bisa menemukan benih benih perpaduan budaya hindu, chinda bahkan sampai eropa pada setiap sudut keraton.

Berkunjung ke keraton kasepuhan cirebon bukan berarti anda hanya bisa menikmati keindahan bangunan dan arsitektur. Tempat ini memberikan sebuah referensi paling valid tentang eksistensi pemerintahan cirebon pada masa lampau yang berbentuk Kesultanan.

Fasilitas

Mengambil tempat di pusat kota cirebon, Keraton Kasepuhan saat ini menjadi salah satu objek wisata unggulan yang dicanangkan oleh pemerintah daerah setempat. Oleh karenanya, Beragam fasilitas penunjang kenyamanan pengunjung hadir secara lengkap.

Tersedia lahan parkir luas, toilet, area dan ruang terbuka serta pemandu wisata yang akan menjelaskan tentang benda bersejarah kepada setiap calon pengunjung.

Sekalipun belakangan tersiar kabar kurang sedap tentang Polemik yang berseteru diantara para pewaris, kita semua berharap masalah ini dapat terselesaikan demi kelestarian peninggalan sejarah yang amat berharga untuk anak cucu kita