Review Underwater, Teror Mencekam di Dasar Laut

Film yang disutradarai oleh William Eubank dengan naskah yang ditulis Brian Duffield dan Adam Cozad ini menceritakan tentang perjalanan Norah Price (Kristen Stewart), seorang peneliti di laboratorium bawah laut yang baru dihantam oleh gempa bumi. Setelah berkeliling, Norah menyadari bahwa gempa bumi itu sudah menghancurkan laboratorium dan menewaskan nyaris semua orang di dalamnya. Hanya ada beberapa orang yang selamat antara lain Capt. Lucien (Vincent Cassel), Emily Haversham (Jessica Henwick), Paul (T.J. Miller), Liam Smith (John Gallagher Jr.) dan Rodrigo (Mamoudou Athie). 

Mereka kemudian memutuskan untuk menyelamatkan diri dengan mengarungi dasar lautan, ratusan ribu meter tepatnya di bawah permukaan laut. Dalam perjuangannya, mereka harus berhadapan dengan makhluk misterius penghuni laut yang dengan ganas menyerang mereka. selain itu, mereka juga berpacu dengan waktu lantaran persediaan oksigen yang terus menipis. Sanggupkah mereka menyelamatkan diri?

Underwater menjadi sajian fiksi ilmiah yang mungkin sudah bisa Kamu tebak apa saja yang bisa dijanjikan oleh film seperti ini apalagi kalau kamu sudah pernah menonton genre sejenis seperti seri film Aliens (1979-2017), The Abyss (1989), Armageddon (1998) ataupun Life (2017). Tentu saja film seperti ini sangat menuntut kemampuan sutradara dalam mengembangkan berbagai elemen agar bisa menjadi sebuah tontonan menarik. Dan sepertinya, sutradara Eubank menguasai materi film ini dengan baik dan tentunya bisa disaksikan di web RenaMovies.com.

Cukup 5 menit pertama bagi Underwater untuk memulai ceritanya. Setelah itu, Eubank langsung meningkatkan intensitas aksi serta teror tanpa ada cool down. Kamu akan merasakan ketegangan yang intens, terlebih bagi penonton yang punya masalah dengan ruang sempit maupun dasar lautan yang luas dan hampa. Kalau Kamu punya riwayat phobia seperti ini, sebaiknya hindari film yang benar-benar mengekspos hal-hal tersebut sebagai modal ketegangan di berbagai adegannya. 

Selain dengan ketegangan yang intens, film ini juga menawarkan visual yang membuat mata takjub. Dengan biaya produksi mencapai US$80 juta, Eubank berhasil memperlihatkan pemandangan yang luar biasa. Kamu akan menikmati seperti apa reruntuhan laboratorium bawah laut dengan peralatan canggih, dasar lautan yang hampa dan gelap gulita penuh misteri yang harus dijelajahi Norah bersama sisa orang yang selamat. Tak ketinggalan juga makhluk misterius yang mengejar mereka. 

Untuk menemani tayangan yang begitu luar biasa, Marco Beltrami dan Brandon Roberts memperdengarkan musik yang juga membuat suasana menjadi lebih nyata. Banyak momen dalam film Underwater ini menjadi semakin mencekam lantaran tata musik yang mereka arahkan. Begitu pula dengan naskah yang ditulis oleh Duffield dan Cozad yang harus diakui terbatas di berbagai elemen namun tetap berkualitas. Sungguh film 95 menit yang menekan penuh dengan ketegangan.

Dan sepertinya memang hanya ini yang disuguhkan, tak ada pembahasan lebih jauh misalnya tentang lingkungan dasar laut, makhluk asing yang menebar teror atau berbagai istilah teknis yang mungkin membuat penonton bingung.  Beruntung, Kristen Stewart berhasil memberikan penampilan yang maksimal. Begitu pula dengan penampilan lainnya yang meskipun tak begitu spektakuler, tapi cukup menghibur.