Kebersihan Toilet

Untuk Jaga Kebersihan Toilet! Lakukan Tips Ini Di Rumah

Toilet di rumah Anda kotor dan bau? Itu tandanya toilet harus lebih sering dibersihkan. Anda tentu tahukan seberapa pentingnya kebersihan toilet? Maka dari itu, pastikan jaga kebersihan rumah dan toilet Anda.

Toilet kotor tidak hanya membuat orang enggan menggunakannya. Berbagai masalah pun bisa ditimbulkan karena hal itu. Jadi usahakan untuk menjaganya tetap bersih.

baca juga: cleaning service batam

Tips Menjaga Kebersihan Toilet Di Rumah

Toilet memang kerap diidentikkan sebagai tempat yang kotor. Tapi jangan biarkan itu juga melekat di toilet rumah Anda. Untuk itu, jagalah kebersihannya dengan baik. Serta usahakan agar kuman dan bakteri tidak berkumpul.

Nah, bagaimana cara agar kebersihan toilet di rumah terjaga? Berikut tips-tipsnya:

  • Bersihkan Toilet Secara Berkala

Tips pertama ialah dengan membersihkan toilet secara berkala. Bila perlu, buat jadwal pembersihan secara teratur. Lalu pastikan untuk mengikutinya.

Anda bisa mulai dengan menyikat toilet setiap habis digunakan. Atau setidaknya dua kali sehari hingga bersih. Sementara untuk menyikat seluruh bagian dalam toilet bisa dilakukan minimal seminggu sekali.

  • Gunakan Pembersih Serbaguna

Ada banyak jenis produk pembersih yang ada di pasaran. Jika mau, Anda bahkan bisa membeli satu per satu sesuai kegunaannya. Namun disarankan, sebaiknya pilih pembersih yang serbaguna saja.

Maksudnya, pembersih yang tidak hanya memiliki satu kemampuan. Melainkan dua hingga tiga sekaligus. Seperti menghilangkan noda, kerak, bau juga sekaligus disinfektan. Jadi toilet tidak hanya bersih, tapi juga wangi dan bebas kuman.

Caranya, tuang cairan pembersih hingga merata. Kemudian gosok dengan sikat toilet hingga bersih. Terakhir, siram dengan air untuk membilasnya.

  • Bersihkan Keseluruhan Toilet

Membersihkan toilet tidak hanya sebatas pada closet dan lantainya. Bagian atap, dinding dan bak air juga harus dijaga kebersihannya. Karena itu, penting untuk memastikan tidak ada bagian yang terlewat.

Selain itu, jangan lupa bersihkan juga bagian-bagian kecil. Seperti keran, wastafel dan gagang pintu. Setiap sudut toilet harus Anda pastikan terjaga bersih.

  • Semprotkan Cairan Disinfektan

Membersihkan seluruh toilet bisa jadi belum cukup. Karena meski terlihat sudah bersih, mungkin saja masih ada kuman yang tertinggal. Untuk itu, Anda bisa coba semprotkan cairan disinfektan. Guna memaksimalkan pembersihannya.

Gunakanlah cairan desinfektan yang mengandung antibakteri sekaligus pewangi. Sehingga kebersihan dan kesegaran aroma toilet tetap terjaga.

  • Pastikan Sirkulasi Udara di Toilet Baik

Toilet yang lembap akan menjadi sarang kuman. Oleh karena itu, pastikan agar sirkulasi udaranya baik. Begitu juga dengan masuknya sinar matahari. Sehingga bakteri dan kuman pun enggan berada di toilet Anda.

Bukalah jendela atau ventilasi secara teratur setiap hari. Biarkan terbuka selama beberapa saat agar udara di toilet dapat terus berganti.

Hal ini tidak hanya baik untuk membuat area toilet tetap bersih. Tapi juga akan membuat udara di dalamnya tetap segar. Suhu ruangannya pun terjaga dan bau tidak sedap dapat teratasi.

baca juga: jasa bersih rumah Batam

Pentingnya Menjaga Kebersihan Toilet di Rumah

Toilet rumah yang kotor pasti membuat semua penghuninya merasa jijik. Tidak hanya itu saja, aromanya yang tidak sedap pasti juga sangat mengganggu. Belum lagi dengan sederet penyakit berbahaya yang mungkin disebabkannya.

Toilet yang jarang dibersihkan memang bisa menjadi sarang kuman. Karena itu, bau tak sedap dan sumber penyakit suka berada  di sana. Membuat kesehatan anggota keluarga menjadi terancam dengan berbagai penyakit. Mulai dari diare, gangguan pencernaan dan pernapasan hingga penyakit kulit.

Anda tentu tidak ingin keluarga mengalami itu bukan? Itulah mengapa penting menjaga kebersihan toilet di rumah. Memastikan kondisinya senantiasa bersih dengan teratur merawat kebersihannya.