Belajar-Baca-Al-Quran

Wajibkah Muslim Belajar Baca Al Quran?

belajar baca al quran

Sebelum melanjutkan silahkan anda baca doa sebelum belajar agar apa yang kami sampaikan bisa menjadi berkah dan kebaikan. Dan sebisa mungkin jika akan membaca apapun dari ilmu agama maka baca doa belajar tersebut.

Pertanyaan yang penting dan butuh dalil untuk menjawabnya adalah, Apakah wajib bagi setiap muslim untuk belajar membaca Al Quran?, akan kami jabarkan jawaban dari pertanyaan tersebut di bawah ini.

Wajib Membaca Al Quran

Kewajiban seorang muslim adalah membaca Al Quran dan berhukum di atasnya, kalau pertanyaan tentang belajar membaca alquran dengan bahasa Arab, maka itu tidak wajib.

Tapi kita kan di wajibkan untuk membaca Al quran, bagaimana bisa membacanya kalau kita tidak bisa membaca tulisan Arab?.

Membaca AL Quran tidak harus dalam bahasa Arab, bisa juga kita baca dengan bacaan latin atau huruf latin, tapi dengan memperhatikan hal berikut.

Yang Harus Di Perhatikan Saat Baca Al Quran Latin

Bacaan tajwid atau huruf yang kita baca harus sesuai dengan bacaan Arab, dan tidak boleh memanjangkan dan memendekan serta mengganti huruf yang sudah termaktub dalam AL Quran.

Misal mengganti huruf ain dengan huruf alif atau hamzah, yang tentu kalau di lakukan akan merubah makna atau arti dari bacaan tersebut.

Maka itu di dalam penulisan Al Quran dengan lafazd latin ada kaidah kaidahnya yang harus di pahami oleh orang yang membaca AL Quran dengan tulisan latin tersebut.

Misalkan menuliskan ain dengan a’ dan alilf dengan a biasa tanpa tanda koma diatasnya dan bacaan tersebut sudah di tuliskan oleh DEPAG (departemen agama).

Tapi yang afdhol adalah dengan belajar membaca huruf Arabnya, karena dengan belajar bacaan arab secara langsung akan belajar mengucapkan setiap huruf dengan benar dan juga akan menerapkan kaidah bacaan bahasa arab dengan tartil.

Bisa Baca Al Quran Tidak Wajib

Belajar baca Al Quran adalah penting, tapi tidak masuk kepada taraf wajib, karena untuk masuk atau menghukumi suatu amalan itu wajib harus ada dalil yang melandasinya.

Sedangkan yang wajib adalah membacanya, tapi bisa dengan bahasa atau tulisan Latin, seperti yang di terangkan oleh ulama kita, itu jugalah mengapa di dalam mushaf AL Quran terbitan depag ada bacaan latinnya.

Tapi perlu di ingat, membaca AL Quran dengan bahasa atau tulisan latin tanpa kita belajar bacaan Arab termasuk orang yang memboikot dan melalaikan AL Quran.

Dan keringanan untuk membaca dalam bacaan latin adalah bagi orang yang sudah belajar baca bacaan arab tapi karena banyak faktor yang membuat dia tidak bisa., misal karena sudah tua dan susah untuk mengikuti pelajarab baca AL quran.

Tapi kalau orang tersebut masih muda, dan kalaumau belajar pasti akan bisa, tapi karena kemalasannya maka dia tidak belajar baca AL Quran, maka ini termasuk orang yang melalaikan AL Quran.

Kesimpulan Belajar Baca Al Quran

Kesimpulannya adalah, Membaca AL quran bisa menggunakan tulisan latin bagi orang yang sudah berusaha belajar baca AL Quran tapi tidak kunjung bisa.

Orang yang tidak bisa baca AL Quran karena kemalasannya belajar baca Al Quran adalah orang yang melalaikan AL Quran,sehingga tercela.

Tidak wajib untuk mempelajari baca AL Quran, tapi kewajiban kita adalah membacanya dan berhukum di atasnya.

Demikian semoga bermanfaat, disarikan dari https://penaungu.com.